Manfaat Sensory play Pada Tumbuh Kembang Anak

 


   Pada tumbuh kembang anak selain kemampuan motorik, kemampuan sesorik sangatlah dibutuhkan. Anda dapat melatihnya pada si kecil dengan cara sederhana yakni membuat sensoryplay di rumah. Sensoryplay adalah sebutan untuk aktivitas permainan anak yang melibatkan penggunaan panca indera. Sensory play biasanya tersedia pada tingkatan pendidikan usia pre school hingga kindergarten. Terlebih lagi biasanya pada Jakarta Kindergarten, Sensory play merupakan kegiatan yang dimasukan dalam kurikulum pelajarannya. Sensory play punya segudang manfaat loh, untuk itu kita simak artikel berikut yuk untuk mengetahuinya.

            Sebelum membahas mengenai manfaat sensory play, sebelumnya kita harus mengetahui apa itu sensory play. Sensory play adalah aktivitas yang melibatkan tujuh panca indra. Ketujuh panca indra tersebut adalah : indra peraba (kulit), indra pengecap (lidah), indra penglihatan (mata), indra pendengaran (telinga), indra penciuman (hidung), serta dua indra tambahan yaitu vestibular (keseimbangan), dan proprioseptif (gerakan). Lalu apa saja manfaat sensoryplay pada tumbuh kembang anak?

1.      Meningkatkan Konsentrasi

Pada sensory play dapat melatih kemampuan berpikir kritis pada anak, bukan hanya itu saja permainan sensory juga dapat meningkatkan konsentrasi serta kemampuan berpikir yang berguna bagi kegiatan belajarnya nanri. Misalnya pada contoh permainan memindahkan air ke dalam suatu wadah, di sini si anak akan menganalisa proses yang sedang mereka alami bagaimana caranya agar air tidak tumpah saat di letakan di wadah.

 

2.      Melatih Motorik Halus dan Motorik Kasar

Sebagian besar permainan sensory akan meningkatkan stimulus motorik halus dan motorik kasar anak. Contohnya pada permainan mengelompokkan bentuk dan di letakan sesuai dengan cetakannya sesuai dengan warna yang telah ditentukan. Pada permainan ini dapat melatih motorik halus dimana terdapat Gerakan menggenggam pada anak memindahkan huruf agar tidak terjatuh, kemudian melatih stimulus otak dimana anak akan berfikir untuk mencocokan huruf ke dalam bentuk yang tepat. Selain itu anda bisa memberikan tantangan seperti mengambil mainan namun harus melalui rintangan terlebih dahulu, hal tersebut dapat melatih motorik kasar pada anak.

 

3.      Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Mengingat warna, bentuk, huruf, angka, serta mencocokan bentuk tertentu merupakan bagian dalam sensory play. Dalam permainan tersebut anak akan belajar beragam bentuk, serta nama yang belum pernah ia lihat dan dengan sebelumnya. Pada saat itu pula si anak akan belajar serta menemukan kosakata baru sekaligus latihan pengucapannya.  Anda bisa bermain puzzle dengan anak sambal menjelaskan gambar serta bentuk yang ada pada puzzle tersebut.

 

4.      Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Tahukah anda bahwa jenis mainan seperti balok kayu, lego, maupun kertas origami merupakan bagian sensory play yang bisa anda kembangkan untuk melatih  kreativitas si kecil?

Pada permainan balok dan lego merupakan permainan tanpa batasan, artinya anda bisa mengajak si kecil untuk Menyusun bangunan bertingkat, membuat bentuk mobil, ataupun binatang yang di sukai si kecil. Kemudian pada origami, anda bisa mengajak si kecil untuk membuat karya seni sesuai dengan imajinasinya.

 

            Nah itu dia beberapa manfaat mengenai sensory play pada tumbuh kembang anak. Jangan ragu untuk membuat permainan sederhana di rumah ya, bermain dengan anak juga akan meningkatkan bonding dengan orang tua, selamat mencoba.

 


Belum ada Komentar untuk " Manfaat Sensory play Pada Tumbuh Kembang Anak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel