Sebelum Mengemudi di Malam Hari, Siapkan Diri dan Mobil Anda dengan 5 Hal Ini!

 

Mengemudi di malam hari memang tak semudah saat Anda menelusuri jalan di siang hari. Akan tetapi, beberapa orang harus melakukannya karena tuntutan pekerjaan atau urusan mendadak. Anda yang sudah beli asuransi mobil murah barangkali bisa tenang karena punya proteksi. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Anda mengabaikan persiapan sebelum membawa mobil turun ke jalan di malam hari.

Lalu, apa saja yang sebaiknya pengemudi lakukan agar perjalanan mereka lancar dan aman?



  • Pastikan kondisi fisik dan mental stabil

Berkendara di malam hari membutuhkan konsentrasi lebih tinggi karena minimnya pencahayaan dan besarnya risiko kejahatan hingga kecelakaan. Maka dari itu, Anda harus memastikan kondisi fisik dan mental sebelum bepergian. Sekiranya Anda sedang stres atau kelelahan, ada baiknya tunda dulu perjalanan. Jika memungkinkan, minta seseorang untuk menjadi supir. Memaksakan diri mengemudi saat sedang kelelahan secara fisik dan mental akan membuat perjalanan lebih berisiko.


  • Bersihkan kaca depan dan lampu utama

Terbatasnya pencahayaan menjadikan lampu mobil sebagai sumber penerangan saat Anda menelusuri jalan. Supaya berkas cahaya memancar maksimal, bersihkan dulu kaca depan dan lampu utama sebelum pergi. Anda dapat memakai lap yang sudah dibasahi atau mengandalkan sistem windshield (wiper) untuk membersihkan kotoran. Kemudian, tes dulu pencahayaan dari lampu mobil untuk memastikan sistemnya tak bermasalah.


  • Hidupkan lampu kabut atau fog lamp

Sesuai namanya, fog lamp difungsikan untuk membantu pengemudi melewati jalanan berkabut. Namun, Anda bisa memanfaatkannya saat bepergian di malam hari. Masing-masing mobil memiliki pengaturan fog lamp berbeda, sehingga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Menyalakan fog lamp tak hanya membantu penerangan dari lampu utama, tetapi juga menjadi tanda untuk pengemudi lain atau pejalan kaki yang hendak melintasi jalan raya.


  • Sesuaikan kecepatan berkendara dengan kondisi jalan

Kondisi jalan yang sepi di malam hari tak jarang menggoda pemilik kendaran untuk mengebut. Tindakan tersebut sebenarnya sangat membahayakan, sebab Anda akan kesulitan mengendalikan mobil saat menyadari ada kendaraan datang dari arah berlawanan atau seseorang menyeberangi jalan. Jadi, sebaiknya sesuaikan kecepatan berkendara dengan kondisi. Waspada juga saat cuaca sedang hujan, karena jalan cenderung licin.


  • Tetap jaga jarak dengan kendaraan lain

Menjaga jarak dengan kendaraan lain tetap penting baik saat mengemudi di siang atau malam hari. Kalau terlalu dekat, penglihatan pengemudi di depan Anda akan terganggu akibat lampu yang terlalu silau. Sementara kalau terlalu jauh, pengemudi lain tak bakal menyadari kehadiran mobil Anda. Kemudian saat hendak berbelok atau mengambil jalur, pastikan berikan tanda agar pengemudi di sekitar Anda memberikan jalan.


Selamat mengemudi di malam hari dengan aman dan nyaman hingga selamat sampai di tujuan!

Sumber:

https://kursusmengemudi.id/belajar-mengemudi/tips-aman-mengemudi-pada-malam-hari/

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/tips-berkendara-malam-hari/ 



Belum ada Komentar untuk " Sebelum Mengemudi di Malam Hari, Siapkan Diri dan Mobil Anda dengan 5 Hal Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel