Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Mesin Tetap Prima

  


Merawat mobil yang jarang dipakai memang cukup mudah, namun banyak orang yang mengabaikannya. Padahal jika dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat berujung pada kerusakan mobil yang parah dan Anda harus mengeluarkan biaya servis yang cukup besar. Untuk itu, baik mobil baru atau mobil bekas, tetap harus mendapatkan perhatian khusus. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk merawat mesin agar tetap prima:

1. Rajin Mencuci Mobil

Terlepas dari sering atau tidaknya intensitas pemakaian mobil, kebersihan eksterior maupun interiornya juga harus tetap diperhatikan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari serangga atau jamur yang mungkin muncul pada setiap bagian mobil Anda, termasuk mesinnya. Terlebih apabila Anda terbiasa memarkir mobil di tempat yang lembab dalam waktu yang lama seperti garasi.

2. Panaskan Mobil Secara Rutin

Aki harus tetap mendapatkan suplai listrik yang cukup agar tidak soak. Oleh karenanya, jika sedang tidak digunakan, Anda sebaiknya rutin memanaskan mobil setidaknya dua hari hingga satu minggu sekali.

Selain masalah aki, memanaskan mesin juga bertujuan untuk mengurangi kemungkinan bercampurnya bahan bakar dengan uap air atau zat kimia lain akibat kondensasi yang dapat berujung pada berkaratnya mesin hingga mogok.

3. Pastikan Tangki Bahan Bakar Tetap Terisi Penuh

Khusus untuk mobil yang jarang dipakai, selain dengan memanaskan, Anda juga bisa merawatnya dengan memastikan tangki bahan bakar tetap terisi penuh. Alasannya sama dengan poin nomor dua di atas, yaitu meminimalisasi kondensasi akibat ruang kosong pada tangki.

4. Tidak Mengaktifkan Rem Tangan

Rem tangan memang Anda butuhkan ketika memarkir mobil di tempat yang tidak datar. Namun, hindari menggunakannya ketika Anda akan memarkir mobil dalam waktu yang lama, terutama saat musim hujan. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan kampas rem lengket akibat kerak yang muncul pada bagian kampas atau cakram. Oleh karenanya, carilah tempat parkir yang datar untuk merawat mobil yang jarang dipakai.

5. Tambahkan Tekanan Angin Ban

Sebelum Anda tinggalkan untuk waktu yang lama, maka tambahkan tekanan angin 10-20% dari batas normal atau batas spesifikasi untuk memperlambat proses pengempesan.

Pastikan juga ban tidak terkena sinar matahari langsung agar tidak muncul guratan atau ozon crack pada mobil. Anda juga bisa menggunakan semir ban untuk merawat mobil yang jarang dipakai.

6. Menggunakan Penutup Mobil

Selanjutnya, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menutup mobil Anda dengan penutup khusus. Gunakan penutup mobil yang dapat melindungi mobil Anda dari goresan, debu, hingga sinar matahari langsung.

7. Mencabut Aki

Cara ini dapat Anda jadikan opsi ketika mobil tidak akan terpakai hingga 2 minggu lebih dan Anda tidak bisa memanaskannya selama waktu tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar aki tidak cepat soak.

Yuk, Rawat Mobil dengan Maksimal!

Meskipun jarang dipakai, mobil juga harus tetap dirawat dengan baik agar kualitas setiap spare part-nya tidak mengalami penurunan.

Belum ada Komentar untuk "Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Mesin Tetap Prima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel